Jumat, 27 April 2012

Swing Make Over (Panel Gambar dan Panel Gradient)

Nah , di sini akan membahas tentang cara manipulasi Panel Gambar dan Panel Gradien seperti nama judul yang sudah tertera di atas , :D . Jika nanti sudah di manipulasi bentuk panel tidak hanya kotak dan warna yang begitu-begitu saja , namun di sini kita akan belajar tentang gimana ngrubah panel yang default itu menjadi bentuk panel yang lebih menarik , :D , di bawah ini adalah contoh gambaran panel yang sudah di Makeover . Keren Bukan !!  itu juga hasil dari ngambil gambar dari blog orang , hehehehee ..  


ya udah yuk capcus kita lihat gimana source kodenya : :D



1. ) Buat project nya terlebih dahulu
2.) Agar pengelompokannya enak, kita buat 2 package untuk menyimpan gambar dan panel2 yang kita
gunakan. Misal package gambar dan widget.

3.) Sekarang buat PanelGambar.java di package widget.

4.) Dan copy paste gambar Tentang.jpg ke package gambar.

5.) Pada PanelGambar.java, kalian bisa meng-copypaste source code ini langsung.


package pelatihanitcke3.widget;
 
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Image;
import javax.swing.ImageIcon;
import javax.swing.JPanel;
 
public class PanelGambar extends JPanel {
Image img;
public PanelGambar() {
img = new
ImageIcon(getClass().getResource("/pelatihanitcke3/gambar/Tentang.jpg")).getImage();
}
protected void paintComponent(Graphics g) {
super.paintComponent(g);
Graphics2D gd = (Graphics2D) g.create();
gd.drawImage(img, 0, 0, getWidth(), getHeight(), this);
gd.dispose();

}

}




Untuk algoritma nya, yaitu pertama kita mengambil gambar dengan dengan class ImageIcon dan kita masukkan value nya ke class Image. Kemudian kita inisialisasi methode paintComponet dimana untuk memanggil methode drawImage, kita harus membuat objek terlebih dahulu dari class Graphics2D yang di inisialisasi dari methode create() pada class Graphics. Nah, objek dari class Image yang berisi gambar yang kita panggil, kita letakkan di parameter methode drawImage seperti diatas, dan kita set ukurannya agar menyesuaikan dengan menggunakan memanggilnya dari methode getWidth() dan methode getHeight(). Terakhir, panggil methode dispose() nya.

6.) Setelah itu, compile dulu PanelGambar.java, kemudian klik tombol Clean and Build

7.) Setelah build succesfull, langkah selanjutnya adalah tinggal memanggilnya ke Frame. Pada langkah ini tidak ada ketentuan khusus, kalian bisa memanggilnya di Frame buatan sendiri, atau Frame Drag and Drop yang disediakan Netbeans. Untuk Frame Drag and Drop, kalian tinggal menge-drag-nya dari package widget.

Jika kalian ingin melanjutkan untuk belajar tentang cara memanipulasi dengan efect Gradient seperti gambar di bawah ini . kalian bisa belajar di sini .





referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites